****ORANG YANG SALAH TAPI SELALU MENCARI KEBENARAN ADALAH ORANG YANG BODAH****

Rabu, 02 Maret 2011

PERAN KELUARGA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN DEMAM BERDARAH

ABSTRAK
Keluarga sebagai suatu kelompok dapat menimbulkan , mencegah , mengabaikan atau memperbaiki masalah – masalah kesehatan . Masalah kesehatan dalam keluarga sering berkaitan dan apabila salah satu anggota keluarga mempunyai masalah kesehatan akan mempengaruhi anggota keluarga lainnya .
Penelitian yang digunakan dalam penelitia ini adalah rancangan penelitian Eksperimen semu (quasy-eksperiment). Populasi yang digunakan adalah keluarga di desa Jogorogo yaitu 50 KK. Pengumpulan data dalam penelitian mengunakan alat ukur kuisoener dengan skala ordinal kemudian ditabulasi. Tehnik perhitungan yang digunakan adalah Distribusi frekuensi di mana data diorganisir secara sistematis dalam bentuk angka – angka mulai dari yang paling rendah ke paling tinggi , bersamaan dengan perhitungan ( persentase )
Hasil Penelitian terdapat pengaruh penyuluhan terhadap peran keluarga dalam pencegahan dan pemberantasan penyakit DHF. Ini mungkin karena telah mendapatkan penyuluhan terlebih dahulu, dimana apabila seseorang telah mendapatkan penyuluhan / informasi maka orang tersebut akan mempunyai wawasan yang lebih luas serta akan lebih mudah dalam menerima informasi baru yang dapat meningkatkan peran keluarganya terutama peran keluarga yang bermanfaat bagi kesehatannya.
Kesimpulan dalam penelitiaan ini ada pengaruh penyuluhan terhadap peran keluarga dalam pencegahan dan pemberantasan penyakit DHF.Sebagai tenaga kesehatan selalu meningkatkan upaya penyuluhan kepada masyarakat tentang Pencegahan dan Pemberantasan penyakit DHF.dengan menggunakan metode penyuluhan yang tepat, dan Keluarga mau meningkatkan pengetahuannya mengenai Pencegahan dan Pemberantasan penyakit DHF melalui peran aktifnya mengikuti penyuluhan-pennyuluhan kesehatan.

Kata Kunci : Peran keluarga ,Pencegahan dan Pemberantasan DHF
Oleh : Masruri Efendy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar