****ORANG YANG SALAH TAPI SELALU MENCARI KEBENARAN ADALAH ORANG YANG BODAH****

Selasa, 01 Maret 2011

KECEMASAN ORANG TUA YANG ANAKNYA DIRAWAT DI RUMAH SAKIT

ABSTRAK

Kecemasan adalah perasaan di saat kita menghadapi masalah atas tekanan sepeerti kehilangan pekerjaan, perkawinan yang kandas, anak yang sakit atupun ketika menjelang ujian penting, umunya kecemasan dialami ketika menghadapi masalah yang pasti berakhir ( Marks: 1990).
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif. Sampel penelitian 30 orang tua yang anaknya dirawat diruang anak RSUD Dr. Soeroto Ngawi dengan teknik purposive sampling.
Variabel dalam penelitian ini adalah kecemasan pada orang tua yang anaknya dirawat di ruang anak RSUD Dr. Soeroto Ngawi, sedangkan sub variable kecemasan orang tua tentang pengertian hospitalisasi, kecemasan oran tua dampak dari hospitalisasi, tingkat kecemasan orang tua yang anaknya dirawat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat ukur kuisiener dengan skala ordinal kemudian ditabulasi dan beri skor lalu diprsentasi.
Hasil utama yang diperoleh dari penelitian bahwa kecemasan pada orang tua di RSUD Dr. Soeroto Ngawi secara umum mengalami kecemasan berat 11 respoden ( 37%), sedangkan pengertian tentang hospitalisasi yaitu cukup baik 18 responden ( 60 % ), kecemasan orang tua damper hospitalisasi mengalami cemas berat 11 respoden (36%), tingkat kecemasan dari orang tua sebagian mengalami kecemasan berat 11 responden (37%) dan sebagian mengalami kecemasan ringan 15 responden ( 50%).
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kecemasan orang tua yang anaknya dirawat diruang anak RSUD Dr. Soeroto Ngawi secara umum mengalami cemas berat. Diantaranya saran yang perlu yaitu meningkatkan pelayanan yang menyeluruh dan kompleks yang mencakup dari bergai segi, mencitakan rumah sakit sebagai lingkungan yang nyaman dan aman baik bagi keluarga maupun anak yang dirawat, menyarankan bentuk koping yang sesuai dan bisa diterima oleh keluarga, menjadikan tindakan pengobatan bukan merupakan pengobatan yang traumatis.

Kata kunci : Kecemasan orang tua yang anaknya dirawat di rumah sakit
Oleh : Masruri Efendy Skep Ners

2 komentar: